25 Apr 2014

Onryou ~ Hantu Dendam

Onryō (怨霊) adalah makhluk gaib dalam cerita rakyat Jepang yang memiliki kemampuan untuk muncul di alam hayat/dunia manusia demi membalas dendam. Dalam legenda dan cerita rakyat, kebanyakan onryō merupakan arwah wanita. Menurut legenda, onryō merupakan perwujudan arwah manusia yang saat masih hidup dilanda masalah dan berujung pada kematian mereka. Masalahnya meliputi persaingan, politik, atau penderitaan karena perubahan tingkah kekasih mereka. Setelah meninggal, arwah mereka menjadi hantu penasaran. Asal mula onryō tidak pasti, namun dapat ditelusuri sampai abad ke-8 M tentang gagasan bahwa jiwa yang marah dan penuh dendam dapat memberi pengaruh pada dunia manusia.


Bagi masyarakat Jepang, mungkin sosok Onryou sungguh menyeramkan, bukan karena sosoknya sebagai hantu tapi memang dialah hantu dua dunia. Menurut mitos yang beredar di masyarakat Jepang Onryou tidak saja jahat setelah dia mati tapi semenjak masih menjadi manusia pun sosok jahatnya sudah terlihat, itulah sebabnya, ketika dia mati dia masih akan terus memburu orang-orang yang semasa dia hidup belum sempat dia membalaskan dendamnya.
 
Dilihat dari perawakannya, hantu jenis ini sama dengan hantu kuntilanak jika di Indonesia. Dengan rambut panjang  terurai, menggunakan pakaian kimono putih ala orang – orang Jepang,  pergelangan tangannya yang menjuntai hingga ke bawah hingga kakinya yang tidak tampak menjejak bumi. Hingga kini keberadaan hantu Onryou masih menjadi fenomena dalam masyarakat Jepang, bukan karena kekejamannya tapi lebih kepada orang ingin mencari tahu soal dendam apa sebenarnya yang dialami sosok ini sewaktu dia masih. Kenapa hingga dia matipun dendam itu masih saja terus menghantui dirinya untuk melakukan balas dendam.

Onryou merupakan salah satu jenis hantu yang terkenal dijepang, cerita mengenai hantu ini pun sudah di adaptasi ke dalam beberapa film diantaranya adalah pada film "THE RING".

Selamat bermimpi buruk...

~R25~

Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar