18 Apr 2014

Japanese Language Proficiency Test (JLPT)

Sekilas mengenai JLPT...

JLPT, singkatan dari "Japanese-Language Proficiency Tes", atau dalam bahasa Indonesia disebut juga" Ujian Kemampuan Bahasa Jepang". Ujian ini ditujukan untuk pelajar asing, untuk menguji seberapa dalam kemampuan bahasa Jepang. Mungkin kurang lebih mirip dengan TOEFL atau TOEIC di dalam ujian bahasa Inggris.JLPT terbagi menjadi 5 tingkat. N5, N4, N3, N2 dan N1. Tingkat terbawah dan yang termudah adalah N5, sedangkan tingkat tertinggi dan yang tersulit adalah N1. Hampir semua lulusan OBKG memiliki sertifikat N2 dan N1. Materi yang diujikan di dalam JLPT adalah: Kanji-Goi (Kanji dan Kosakata), Bunpo (Tatabahasa), Membaca dan Mendengarkan.

Ujian JLPT ini diadakan satu tahun 2 kali di Jepang pada bulan Juli dan Desember. (Sedangkan di negara asing kebanyakan hanya 1 kali setahun)

Durasi mengerjakan test N5 adalah  25 menit untuk Vocabulary, 50 menit untuk Reading dan Grammar, dan 30 menit untuk Listening. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di test sections . Kompetensi yang dibutuhkan untuk masing-masing level bisa dilihat di level summary

O ya perlu diketahui juga bagi kalian yang ingin tinggal atau melanjutkan pendidikan di jepang. sertifikat ini akan sangat membantu kalian di sana. bagi orang asing di sana dibutuhkan sertifikasi N5 untuk SD, sertifikasi N4 untuk SMP, sertifikasi N3 untuk SMA, sertifikasi N2 untuk kuliah dan Sertifikasi N1 untuk bekerja. walaupun memang setau mimin sih ada beberapa tempat pekerjaan dan universitas yang menerima orang asing hanya dengan TOEFL, tapi apa salahnya kalau kita belajar bahasa jepang dan mempunyai sertifikasi ini.

ya info itu sih mimin dapet dari orang yang pernah mengenyam pendidikan di sana. nah sekarang sudah tau kan tentang apa itu JLPT dan seberapa penting sertifikasi itu bagi kalian yang mau ke jepang. yuk kita ikutan ujian JLPT ^_^


~R25~

Sumber :

Orang yang pernah mengenyam pendidikan di sana.

0 komentar:

Posting Komentar