17 Jan 2014

Perbandingan gaya berpacaran orang Jepang dengan orang Indonesia


Halo bro, sis, agan, aganwati, cuy, sob, siapapun dan di manapun anda berada, selamat datang di tulisan pertama gue di Blog Jancubu ini, sebelumnya kenalin dulu, nama gue Ekky, atau kadang-kadang banyak juga yg suka manggil Ekky. Keren kan namanya?  Makasih. Orangnya juga kok. :’)
Di tulisan pertama gue ini gue mau membandingkan gaya berpacaran antara orang Jepang dengan orang Indonesia yg menurut beda banget. Sebelum lanjut baca, lu boleh nyiapin kantong kresek dulu, buat apa? Ga perlu dicari tahu, nanti juga tahu sendiri. Kaya jodoh aja, gaperlu dicari tahu, nanti juga tahu sendiri.

Yok, mulai!!

1.    Penembakan

Kalo di Jepang “Penembakan” ini disebut juga “Kokuhaku”, nah di Jepang sana biasanya sebelum si cowok menyatakan cintanya dia bakal ngajak cewek gebetanya buat jalan-jalan gitu rame-rame sama temen-temennya yg lain, gatau kenapa mungkin si cowok ini grogi atau gatau jalan pulang atau takut kalo misalnya pas ditembak si cewek malah kejang-kejang saking kagetnya kan biar bisa minta bantuan temen-temennya bawa ke rumah sakit.

Jadi si cowok bakalan nembak cewek gebetannya ini pada saat perjalanan pulang, kenapa alasannya? Biar misalnya ditolak masih bisa ngancem bakal nyulik keluarganya atau kucingnya, bahkan keluarga kucingnya, maka dengan begitu bisa diterima. Ga nyambung ya alasannya.

Kalo di Indonesia biasanya cowoknya yg nembak, karena ada aturan tidak tertulis yg di buat oleh cewek-cewek kalo yg nembak itu haruslah cowok, entah siapa yg membuat peraturan ini yg jelas orang itu telah mengacaukan siklus hidup Tapir sumatera. Biasanya sih cuma orang-orang yg ganteng kaya gue doang yg ditembak cewek.

Mau muntah? Kan tadi udah gue suruh siapin kantong kresek, berguna kan? Bilang makasih dong. Cowok-cowok di Indonesia pada umumnya bakal ngajak gebetannya nonton atau makan sebelum nembak cewek tersebut, biasanya sih dari pengalaman gue, cowok sebelum nembak cewek itu mereka ada dalam titik kegalauan terberat mereka, menjelang detik-detik penembakan itu si cowok bisa bolak-balik ke toilet buat ngapalin kata-kata yg bakal disampaikan ke ceweknya, keluar keringat dingin (soalnya keringatnya dimasukin ke kulkas dulu), trus kalo yg lebih parahnya suka tiba-tiba joged-joged cuma make kolor doang.

Pada kasus anak-anak ABG, kalo misalnya udah diterima mereka langsung ngebahas panggilan sayang mereka, bisa yg standar kaya sayang, ayang, yang, yank. Atau yg ekstrim kaya ayah bunda, papi mami, abi umi. Atau yg lebih parah kaya: Autobot decepticon. Iya, gila.

2.    Tidak bilang Cinta, Cuma bilang suka

Hal pertama yg ada dipikiran gue, cemen abis lu broh. Yaelah tinggal ngomong cinta doang susah amat. Cinta cinta cinta cinta cinta, bertahan satu ciiiiiiinnttaaaa, bertahan satu C.I.N.T.A

Oke, dari pada kalian tersesat gara-gara kata-kata gue, nih gue kasih penjelasannya. Jadi orang pacaran di Jepang ga pernah bilang Aishiteru (artinya: cinta) ke pasangannya, mereka cuma bilang  Daisuki kepasangannya (artinya: suka banget, bukan suka aja, kalo suka aja ga asik dong pacarannya, hambar). Biasanya yg ngomong Aishiteru itu yg udah menikah, berarti Zivilia itu udah menikah. Jadi orang Jepang kayanya punya alesan lain buat menikah, selain ingin membangun keluarga yg sakinah, mawaddah & warrahmah alasannya adalah biar bisa ngomong Aishiteru ke pasangannya. So sweeeeet!! :3

Bandingin dengan di Indonesia, baru kenal satu-dua hari aja udah langsung ngomong cinta cinta seenak udelnya aja, padahalkan udelnya kan ga bisa ngomong, terus yg ngomong udel siapa dong? Yg jelas bukan udel gue, dia udel baik-baik dan dari keluarga baik-baik.

3.    First date

Saat baru-baru pacaran, cowok Jepang bakalan ngajak pacarnya buat First Date ke Restaurant mewah, ya mungkin tujuannya biar bikin ceweknya mikir gini: “Ga salah gue nerima si kampret ini, ternyata tajir juga doi, besok gue mau minta liburan keluar negri ah, ke Gabon”.

Tapi, kencan selanjutnya mereka bakalan jalan-jalan ke mall doang atau sekedar nonton bioskop. Huh! Kere. Kaya gue dong,kalo pacaran perginya ke..........warteg.

Typical cowok Indonesia sih sebenernya ga ribet-ribet banget kalo pas lagi nge-date, yg jelas kalo misalnya first datenya makan malem, hal pertama yg dilakukan cowok pas ngeliat daftar menu adalah melihat kolom harga sedangkan si cewek melihat kolom nama makanan.

Bisa jadi si cewek pas ditanya “mau pesen apa?”
Dia langsung jawab: “Beef Bourguignon-nya satu, terus Soupe a I’oignon-nya satu, minumnya Lemon Tea aja satu, Mas. Makasih”.
Lalu pelayannya nanya ke si cowok, “masnya pesen apa?”
Dijawab dengan gagah berani: “Air putih satu, Mas”.
Kenyataan wajah dan kantong tidak memadai ya begitu hasilnya, kaya gue dong, ganteng doang.

4.    Tidak menjemput pasangan

Ini yg didambakan oleh seluruh pria di Indonesia, tidak menjemput pasangannya. Hemat bensin. Jadi kalo orang pacaran di Jepang mereka bakal janjian ketemuan di stasiun gitu, jadi nanti pas pulangnnya si cowok juga cuma nganterin sampe stasiun, antara hemat dan pelit beda-beda tipis lah. Jadi kalo misalnya udah sampe di rumah masing-masing mereka baru ngabarin pasangannya, bisa lewat telepon, sms, surat dan faximili.

Kalo di Indonesia, cowok selalu menjemput ceweknya buat pergi kemana aja, mau itu nonton, ke mall, ke salon, nganterin kucing tetangga ke bidan buat check-up, semuanya. Tapi kalo nganterinnya didasari oleh rasa cinta dan sayang sih sah-sah aja, asal jangan terjebak di “Tukang-ojek-zone” aja, bahaya, Brooh! Sebenernya ga semua cowok HARUS menjemput ceweknya, ya mungkin kebanyakan begitu.

5.    Tidak ada istilah Traktir

Satu lagi yg gue suka dari gaya berpacaran orang Jepang, di Jepang ga ada tuh tradisi cewek makan dibayarin sama cowoknya, kelar makan mereka bayar sendiri-sendiri. Bisa hemat kan tuh? Apalagi kalo anak kost, lumayan bisa buat beli takoyaki disamping kostan. Emang di Jepang ada kostan? Ya sudahlah gausah dipikirkan.

Di Indonesia juga sebenernya hukumnya ga wajib cowk bayarin ceweknya makan atau nonton, cuma yaaaa, kadang-kadang ada perasaan gimanaaaa gitu kalo bayar sendiri-sendiri atau malah ceweknya yg bayarin. Sebagai calon imam keluarga kan kita jadi malu.



Gue jadi mulai berpikiran buat nyari pacar di Jepang, atau nyari pacar di Indonesia trus gue ajak ke Jepang, kayanya asik nih, jalan-jalan bareng di tokyo, ngeliat bunga sakura, nyasar bareng di gunung Fuji, indahnya :')

6.    Tidak mengenalkan ke orang tua sampai memutuskan untuk menikah

Kalo point yg satu ini sebenernya di Indonesia juga bisa sih, tapi mungin di Jepang mereka bener-bener belum ngenalin pasangannya kalo belum ada komitmen buat nikah, mungkin maksudnya biar ga malu kalo tiba-tiba putus gitu.

 Di Indonesia juga sebenernya ada yg ga ngenalin sampe bener-bener mau nikah ada juga yg baru pacaran 3 jam langsung di bawa kerumah dan dikenalin ke orang tuanya dengan ngomong: “Mah, Pah. Calon mantu nih...”


Yap! Itu dia perbandingan gaya pacaran orang Jepang dengan orang Indonesia, kalo ada kata-kata yg salah mohon dimaafkan, sekarang lo boleh buang kantong kresek tadi. Sampai jumpa di postingan-postingan dari gue selanjutnya!! Jangan lupa follow twitter gue di @ekkynp dan kunjungi blog gue juga disini: www.ekkynanda.blogspot.com ya :))





(diambil dari: http://1nfobol4.blogspot.com/2013/07/bedanya-pacaran-ala-orang-jepang-dengan.html | dengan perubahan seperlunya, banyak sih yg dirubah sebenernya, tapi gapapalah ya)

9 komentar:

ini adminnya ngasi info, ngasi tips apa ngasi mancing keributan sih? XD hahaha..

info'a menarik,
boleh tukeran link ??

http://goo.gl/4j9dO4

Scene lucu "saya, air putih aja " /gubrak

Ane ga cukup kantong kresek min, butuh karung beras :v

Ane ga cukup kantong kresek min, butuh karung beras :v

Hahahahahahahahahahahahahaha!!!! Ngakak jir bacanya...XD
Gw malah jadi fokus baca lawakannya, bukan poin2nya.(^^d

Hahahahahahahahahahahahahaha!!!! Ngakak jir bacanya...XD
Gw malah jadi fokus baca lawakannya, bukan poin2nya.(^^d

Hahahahahahahahahahahahahaha!!!! Ngakak jir bacanya...XD
Gw malah jadi fokus baca lawakannya, bukan poin2nya.(^^d

Posting Komentar